Publica.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pembukaan Piala Dunia U-20 2023 berlangsung meriah karenanya akan digarap dengan sangat serius.

Ini disampaikan Menpora Zainuddin Amali, Presiden minta untuk memeriahkan pembukaan juga penutupan, Amali meminta izin kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. Gayung bersambut, keinginan Indonesia membuka kejuaraan usia muda itu dengan meriah dikabulkan FIFA.

Amali membocorkan yang akan mempersiapkan pesta pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 2023 adalah Wishnutama. Penunjukan ini tak lain karena Wishnutama sudah sangat berpengalaman untuk urusan ini, seperti pembukaan Asian Games 2018.

“Yang meriahkan itu pembukaannya. Tadinya kan tidak ada, lalu oleh Presiden FIFA diizinkan. Oke. Itu yang akan menangani bapak Wishnutama. Itu expert di bidangnya. Sudah teruji. Kita nunggu rapat terbatas,” kata Amali di GBK Arena, Kamis (19/1) malam.

“Ada juga penutupan. Cuma, jangan kalian membayangkan pembukaan itu sama dengan senior. Ini sudah ada kemajuan, tadi pertandingan pertama itu pembukaan, tapi karena keinginan presiden saya bicara dan mereka oke,” ucap Amali menjelaskan.

Ini disampaikan Amali seusai menghadiri rapat dengan Indonesia Panitia Pelaksana Piala Dunia U-20 2023 (INAFOC). Rapat ini dilakukan setelah FIFA mengunjungi dan memeriksa enam stadion di Indonesia yang akan digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

FIFA, disebut Amali, telah memberikan catatan kepada PSSI tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dan dilakukan segera. Dalam hal ini INAFOC akan bertugas mengadakan sejumlah barang yang diperlukan untuk ajang ini.

“Kan FIFA sedang melihat-lihat lapangan. Nah, ada beberapa yang kemudian mereka diskusikan ke LOC [PSSI] kemudian dengan pihak Polri. Kemudian ada di samping infrastruktur ada barang-barang yang harus diadakan,” katanya.

“Saya belum tahu, tapi nanti rencana ada hand over trofi dari tuan rumah yang lalu [Polandia] kepada Indonesia pada Februari. Saya tidak tahu tanggal pastinya,” ucap lelaki yang mencalonkan sebagai wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027 ini.(CNN¬†Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *